Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A.
Standar Kompetensi
2. Menerapkan
akhlak terpuji kepada diri sendiri.
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah.
C.
Tujuan Pembelajaran
§
Dapat menjelaskan pengertian dan
pentingnya tawakkal
§
Dapat menjelaskan pengertian dan
pentingnya ikhtiyar
§
Dapat menjelaskan pengertian dan
pentingnya sabar
§
Dapat menjelaskan pengertian dan
pentingnya syukur
§
Dapat menjelaskan pengertian dan
pentingnya qana’ah
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil,
Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata
sendiri.
D.
Materi Pembelajaran
Ø
Pengertian akhlak terpuji pada diri sendiri
§
Tawakkal
Kata tawakal berasal dari
bahasa Arab (yang berarti berserah diri, mewakilkan. Secara
istilah, tawakal adalah berserah diri kepada Allah atau menyerahkan suatu
urusan kepada kebijakan Allah yang mengatur segala-galanya.
§
Ikhtiyar
Ikhtiyar adalah berusaha semaksimal
kemampuan dan dibenarkan oleh agma untuk mendapatkan yang terbaik.
§
Sabar
Dalam Bahasa Arab,sabar sering didefinisikan
dengan hasban nafsi'ala ma yaqtatadhihil aqlu was syar'u yang berarti menahan diri sejalan dengan tuntutan akal dan agama. Menurut Imam
Ghozali,hakikat sabar adalah tahan menderita gangguan dan tahan menderita
ketidaksenangan orang.
§
Syukur
Syukur sama dengan bersyukur,artinya
menjalankan konsekuensi dari pemberian Allah yang berupa nikmat dengan menerima
secara lapang dada dalam berbagai keadaan dan dibuktikan dengan perbuatan yang
sesuai dengan aturan Allah.
§
qana’ah
Qonaah adalah suatu sikap yang menerima dengan
cukup dan senang hati atas apa yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada
dirinya, karena merasa bahwa itulah telah menjadi bagiannya.
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§
Tanya jawab : metode ini
memungkinkan terjadi komunikasi langsung antara guru dan siswa.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v Pendahuluan :
Apersepsi
dan Motivasi :
§ Memberikan
salam pembuka
§ Menanyakan
kepada siswa tentang akhlak terpuji kepada diri sendiri
§ Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa
membaca dan memahami berbagai sumber buku tentang
akhlak terpuji kepada diri sendiri (Eksplorasi)
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru
memberikan penguatan tentang kesimpulan akhlak terpuji kepada diri sendiri
(Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru
memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai sumber pelajaran akhlak
terpuji kepada diri sendiri.
§ Guru memberikan salam
penutup
|
10
50
10
5
|
Pemahaman
Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§
Buku paket Aqidah Akhlaq kls VIII,
Penerbit Aneka Ilmu, Semarang
§
LKS Aqidah Akhlaq
H.
Assessment/ Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
§
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin,
mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
§ menjelaskan
pengertian dan pentingnya tawakkal, Iktiyar, Sabar, Syukur dan
Qonaah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Kudus, ...............................
Mengetahui
KEPALA SEKOLAH
_________________________
NIP/NIK:
|
GURU PENGAMPU
_________________________
NIM :
|
0 komentar: on "Contoh RPP Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlak"
Posting Komentar