welcome to my blog

Senin, 30 September 2013

Contoh RPP Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A.    Standar Kompetensi
         2.      Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri.
B.     Kompetensi Dasar
2.1    Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah.
C.    Tujuan Pembelajaran
§  Dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal
§  Dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiyar
§  Dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar
§  Dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur
§  Dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya qana’ah
Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
D.    Materi Pembelajaran
Ø Pengertian akhlak terpuji pada diri sendiri
§  Tawakkal
         Kata tawakal berasal dari bahasa Arab (yang berarti berserah diri, mewakilkan. Secara istilah, tawakal adalah berserah diri kepada Allah atau menyerahkan suatu urusan kepada kebijakan Allah yang mengatur segala-galanya.
§  Ikhtiyar
         Ikhtiyar adalah berusaha semaksimal kemampuan dan dibenarkan oleh agma untuk mendapatkan yang terbaik.
§  Sabar
Dalam Bahasa Arab,sabar sering didefinisikan dengan hasban nafsi'ala ma yaqtatadhihil aqlu was syar'u yang berarti menahan diri sejalan dengan tuntutan akal dan agama. Menurut Imam Ghozali,hakikat sabar adalah tahan menderita gangguan dan tahan menderita ketidaksenangan orang.
§  Syukur
         Syukur sama dengan bersyukur,artinya menjalankan konsekuensi dari pemberian Allah yang berupa nikmat dengan menerima secara lapang dada dalam berbagai keadaan dan dibuktikan dengan perbuatan yang sesuai dengan aturan Allah.
§  qana’ah
Qonaah adalah suatu sikap yang menerima dengan cukup dan senang hati atas apa yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada dirinya, karena merasa bahwa itulah telah menjadi bagiannya.
E.     Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Tanya jawab : metode ini memungkinkan terjadi komunikasi langsung antara guru dan siswa.
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Memberikan salam pembuka
§  Menanyakan kepada siswa tentang akhlak terpuji kepada diri sendiri
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa membaca dan memahami berbagai sumber buku tentang akhlak terpuji kepada diri sendiri (Eksplorasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan akhlak terpuji kepada diri sendiri (Konfirmasi)

v  Kegiatan penutup.
§  Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai sumber pelajaran akhlak terpuji kepada diri sendiri.
§  Guru memberikan salam penutup
10






50








  
10

5
Pemahaman Konsep











G.    Sumber Pembelajaran
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VIII, Penerbit Aneka Ilmu, Semarang
§  LKS Aqidah Akhlaq
H.    Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

§  menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, Iktiyar, Sabar, Syukur dan Qonaah
Tes tulis


Uraian



              Kudus, ...............................
Mengetahui
KEPALA SEKOLAH

_________________________
NIP/NIK:


GURU PENGAMPU

_________________________
NIM :



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Contoh RPP Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlak"

Posting Komentar